MAN 2 BANJARNEGARA

MY IDOLA

PENGOLAHAN 3R DI SEKOLAH

Posted by IRFAN pada 4 Mei 2009

image 

DSC00199 Sampah merupakan sebuah masalah disetiap tempat seperti, di rumah, kantor, sekolahan, maupun ditempat-tempat umum lainnya yang sangat meresahkan sekali untuk dipandang. Sebenarnya banyak sekali sampah-sampah maupun sisa (bekas) kaleng minuman akan sangat berharga apabila diolah sedemikian rupa sehingga

tidak menggangu pandangan seperti halnya sampah yang bau, kotor, banyak kuman dan sebagainya.

Kabupaten Banjarnegara sebagai kabupaten kecil yang selalu mendapatkan Adipura mempunyai program khusus di dalam penanganan sampah disetiap kalangan, khususnya di tempat umum. Menciptakan suasana indah di tempat umum akan menjadi lebih nyaman. Berhubungan dengan hal tersebut MAN 2 Banjarnegara mempunyai inisiatif tersendiri dalam pengolahan bahan bekas / sisa tempat minuman. Pengolahan tersebut mengambil bahan bekas dari minuman yang banyak sekali dijumpai di tempat sampah.

Inisiatif pengolahan barang bekas tersebut dilakukan oleh siswa-siswi MAN 2 Banjarnegara di bimbing oleh guru pembimbing keterampilan ( Ibu Rokhimah ) dan guru pembimbing KIR ( Ibu Kusmiyati ).

Contoh barang bekas yang dipakai untuk pengolahan 3R adalah seperti bekas minuman gelas (aqua, mount tea, jas jus, dan lain-lain) yang secara kreatif oleh siswa dibentuk menjadi barang-barang yang sangat indah dipandang dan mempunyai harga jual yang tidak murah.

Hasil pengolahan barang bekas sebagai berikut :

DSC00211 DSC00213 DSC00214

DSC00215  DSC00216 DSC00218

DSC00220 DSC00217 DSC00219

Foto-foto waktu pengolahan 3R di MAN 2 Banjarnegara klik aja view full Album untuk melihat fotonya.

salam.

Admin MAN 2 Banjarnegara.

4 Tanggapan to “PENGOLAHAN 3R DI SEKOLAH”

  1. tyan ghazoba said

    keren abis pak,,
    tp, sayang dalam masyarakat sekarang jarang disosialisasikn..
    justru masyarakat cuek aja dengan keadaan lingkungan yg mereka tingg skrg..
    yah, klo bisa diadakan sosialisasi ke luar sekolh pak..
    tp, hrus dikzih apluz kegiatan sprti itu, bza mnjga klestarian BUMI PERTIWI KITA..

  2. farah_exipa3 said

    assalamualaikum pak…kreatif juga ya…
    iya tuh pak,,,perlu ada ketrampilan gitu, bumi aman, anaknya kreatif, ga kere aktif lagi…
    di godean yogyakarta udah ada tempat pensil yang dibuat dari plastik bekas minuman bubuk kaya kopi, nescafe(maaf menyebutkan merek) dll. lumayan lo pak…
    bagus lagi, bisa buat penghasilan tambahan.

  3. pipi pio said

    eh maaph! lom sempet ngeliat ri deket!

  4. pipi pio said

    Ooo,jd gitu ya maksudnya,tak kira ri kmaren apaan itu yg dipajang dpn TU.
    Wah…hebat ya!
    itu tah mesti dkasi eplauz nih!
    truz kalo nanganin sampah masarakat gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: